بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Arak Puncak Kejahatan

Dosa mnakan minum minuman yang memabukkan, berzinah atau membunuh. Itulah teka - teki khotbah khalifah Ustman bin Affan r.a .seperti yang diriwayatkan oleh Az-Zuhri, dalam khotbah ustman mengingatkan umat agar berhati - hati terhadap minuman khamar atau arak. sebab minuman yang memabukkan itu sebagai pangkal perbuatan keji dan sumber segala dosa,


dulu hidup seorang ahli ibadah yang selalu tekun beribadah kemesjid, lanjut khutbah khalifah ustaman. suatu hari lelaki yang sholeh itu berkenalan dengan seorang wanita cantik. karena sudah terjatuh hati, lelaki itu menurut saja ketika disuruh memilih antara 3 permintaannya, pertama meminum khamar, kedua berzina dan yang ketiga membunuh bayi.

mengira minum arak dosanya lebih kecil dari pada dua pilihan lain yang diajukan wanita pujaan itu, lelaki sholeh itu lalu meminum khamar. tetapi apa yang terjadi,
dengamn meminum arak yang memabukkan itu malah dia melanggar dua kejahatan lainnya. dalam keadaan mabuk dan lupa diri, lelaki itu menzinai pelacur itu dan membunuh bayi disisinya.

"karena itulah hindari khamar, karena minuman itu sebagai biang keladi segala kejahatan dan perbuatan dosa. ingatalah, iman dan arak itu tidak mungkin bersatu dalam tubuh manusia. salah satu diantaranya harus keluar. orang yang mabuk mulutnya akan mengeluarkan kata - kata kufur dan apabila menjadi kebiasaan sampai akhir hayatnya, ia akan kekal dineraka."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar